Studi Ekskursi SI 2020 ke Widya Analytic

Berita - 31 Agustus 2022 - 12:00 AM

Telah terlaksana Studi Ekskursi Sistem Informasi angkatan 2020 ke Widya Analytic pada hari Selasa, 9 Agustus 2022 pukul 09.00-11.00 WIB. Widya Analytic sendiri berada di Yogyakarta Kab. Sleman. Pada instansi pertama ini mahasiswa Sistem Informasi 2020 diajak berkeliling kantor Widya Group dan pemateri pertama ini dibawakan oleh bapak Faris Yusuf Baktiar, S.Si., M.Cs. Kemudian diperkenalkan seputar Widya Group, dimana ada beberapa perusahaan yang dinaungi oleh Widya Group, diantaranya: Widya Robotics (Artificial Intelligence, Automation, and Robotics Company), Widya Wicara (Smart Speaker Company), Widya Analytic (Big Data and Data Analytic Company), Widya Skilloka (Human Resources Business Partner Company), Widya Imersif (Internet of Things Company), Widya Edu (Online Learning Platform Company), dan Widya Security (IT Security Company).

Widya Robotika berawal dari satu keyakinan, bahwa kehidupan manusia dan bisnis harus lebih mudah dengan menerapkan teknologi data-driven terbaru. Kami adalah bagian dari Widya Indonesia Group, dan perusahaan pertama yang lahir di dalam grup. Kami menawarkan jajaran produk dan layanan inovatif yang didukung oleh kecerdasan buatan, otomatisasi, dan teknologi robotika untuk membantu klien kami mencapai tujuan bisnis mereka. Salah satu prototype widya robotics adalah Widya Load Scanner menggunakan teknologi laser scanner untuk mengukur volume material yang diangkut oleh truk, dum truck, forklift, dll di lokasi konstruksi.

PT Widya Informasi Nusantara atau Widya Wicara merupakan bagian dari Widya Indonesia Group yang didirikan pada tanggal 26 Februari 2019. Mereka menciptakan solusi untuk berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan pengolahan ucapan atau bahasa. Mereka telah menciptakan empat inovasi produk berbasis teknologi wicara: Smart Speakers Widya Wicara, Text to Speech Widya Wicara, Speech to Text Widya Wicara, dan Chatbot. PT. Widya Imersif Teknologi (WIT) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Internet of Things (IoT). Fokus dari perusahaan mereka pada interaksi, pemrosesan, dan perangkat IoT. PT WIdya Imersif Teknologi merupakan salah satu bagian dari United Mercury Group (UMG) Idealabs yang merupakan perusahaan venture capital berpusat di Myanmar.

PT Widya Imersif Teknologi selalu berkomitmen untuk memberikan berbagai solusi cerdas melalui perangkat teknologi kesehatan yang mereka kembangkan. Menjadi asisten kesehatan berbasis kecerdasaan buatan dengan cara menjaga kesehatan, melakukan monitoring data kesehatan secara berkala, dan memberikan prediksi kondisi kesehatan dari riwayat data-data kesehatan sebelum nya merupakan visi Widya Imersif Teknologi.

Selanjutnya ada Widya Edu. Widya Edu merupakan sebuah platform pendidikan interaktif dengan Learning Management System yang memberdayakan guru tutor diperkaya oleh kecerdasan buatan dan teknologi kompresor data. Contoh teknologi Widya Edu adalah Intensif UTBK dan Tryout Widya Edu.

Materi yang sangat informatif membuat mahasiswa Sistem Informasi 2020 antusias menerima materi pada instansi pertama ini. Selain itu, mahasiswa juga didukung menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin berkembang dengan mengetahui materi-materi yang didapatkan dari instansi ini.