PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : MEMBERIKAN PEMAHAMAN MENGENAI ‘BUDAYA BIJAK BERMEDIA SOSIAL’ DI MTs Negeri 1 Balikpapan

Berita - 10 Januari 2023 - 12:00 AM

Balikpapan -  Mahasiswa Sistem Informasi ITK angkatan 2022 melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah KIK (Kemampuan Interpersonal dan Kepemimpinan). Pengabdian kepada masyarakat  dilaksanakan pada Sabtu 19 November 2022. Para mahasiswa melakukan sosialisasi ke salah satu sekolah yang ada di Balikpapan yaitu MTs Negeri 1 Balikpapan dengan bertemakan ‘Budaya Bijak Bermedia Sosial’. Tujuan dari sosialisasi  adalah ingin memberi pemahaman kepada siswa/siswi dari organisasi OSIS di sekolah tersebut, mengenai penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Pada saat ini kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang terjadi Indonesia tidak bisa dibendung dan dihindari, khususnya dikalangan pelajar. Semakin majunya teknologi menyebabkan perbedaan hoax dan fakta semakin sulit dideteksi. Generasi muda dipastikan memiliki kemampuan untuk mampu memilah-milah informasi di media daring dan juga harus bisa menjadi agen edukasi minimal bagi dirinya sendiri dan kemudian di lingkungan tempat dimana mereka berinteraksi. apabila tidak digunakan secara bijak, maka dapat menimbulkan sebuah permasalahan yaitu penyalahgunaan media sosial berupa menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan banyak kerugian di kalangan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan pembelajaran buat para siswa guna meningkatkan pengetahuan mereka tentang baik dan buruknya dalam penggunaan media sosial. Kegiatan ini diawali dengan berdoa bersama, yang dilanjut dengan pemaparan materi di PPT menggunakan media proyektor yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Antusiasme siswa-siswi pengurus OSIS di MTs Negeri 1 Balikpapan terlihat pada saat penyampaian materi berlangsung, yang lebih terlihat lagi ketika siswa-siswi bertanya dengan penuh rasa penasaran kepada pemateri. Di tengah- tengah materi yang dibawakan, diselingi dengan kegiatan ice breaking yang membuat suasana dalam ruangan menjadi lebih meriah dan seru.