Pelatihan Bizagi Kepada OPD Kota Balikpapan

Berita - 12 Desember 2020 - 12:00 AM

Balikpapan – “Proses bisnis adalah aktivitas-aktivitas yang dilakukan organisasi untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, mengelola proses bisnis menjadi satu hal yang wajib bagi organisasi.” Begitulah workshop dibuka oleh pemateri dengan satu pernyataan yang singkat, menggugah. “Dengan memiliki keahlian memodelkan proses bisnis, seseorang dapat melakukan evaluasi apakah proses bisnis organisasinya telah optimal dalam mendukung tujuan,” ia melanjutkan. Workshop online ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat program studi Sistem Informasi ITK bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITK yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya manajemen proses bisnis bagi organisasi. Kegiatan ini diadakan via youtube pada tanggal 17 Juni 2020 dan telah ditonton oleh 357 viewers.

 

“Proses bisnis dapat diidentifikasi dengan 5 cara, yaitu berdasarkan tujuan organisasi, objek dalam organisasi, fungsi organisasi, transaksi, dan juga referensi dari model/organisasi lain,” begitu dipaparkan oleh Lovinta Happy Atrinawati, S.T., M.T. selaku pemateri. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan contoh sederhana bagaimana cara mengidentifikasi proses bisnis dalam organisasi. Setelah melakukan identifikasi, proses bisnis tersebut dapat dimodelkan dengan menggunakan Bizagi Process Modeller atau tools permodelan lainnya. Cara memodelkan dan menggunakan tools juga ditunjukkan pada workshop berdurasi 1 jam ini.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 214 peserta dengan berbagai latar belakang, seperti dosen, mahasiswa, ASN/staf Organisasi Perangkat Daerah, karyawan, dan pegawai BUMN. 92% peserta menganggap bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam mengidentifikasi dan memodelkan proses bisnis. “Sangat menambah wawasan dan bagus sekali karena tidak hanya materi saja yang dijelaskan namun terdapat praktik langsungnya yang membuat makin mengerti tentang materinya,” tutur salah satu peserta. Bagi yang ingin menyimak kegiatan ini, video masih dapat diakses melalui link youtube IS ITK Official https://www.youtube.com/watch?v=XCZYGP4vUUI.

 

Kegiatan ini hanya salah satu dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh program studi Sistem Informasi. Di masa depan, Program studi Sistem Informasi ITK berkomitmen untuk terus melakukan edukasi dan berkontribusi bagi kemajuan masyarakat.