Mahasiswa Sistem Informasi ITK Bantu Percepatan Digitalisasi di Daerah Sepaku

Berita - 21 Juli 2022 - 12:00 AM

Balikpapan- Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di program studi Sistem Informasi di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada semester genap 2021/2022, melakukan proyek mata kuliah dalam pengembangan perangkat lunak. Pada semester ini studi kasus proyek mata kuliah dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan bertema Digitalisasi Desa. Mata kuliah ini diampu oleh 2 orang dosen Sistem Informasi yaitu Bapak M. Gilvy Langgawan Putra,S.Kom.,M.MT dan Ibu Sri Rahayu Natasia, S.Komp, M.Si., M.Sc. dan diikuti oleh 84 mahasiswa Sistem Informasi pada semester 4.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan perangkat lunak, khususnya di bidang sistem informasi. Berkaitan dengan tema pada semester ini yaitu Digitalisasi Desa pada Kabupaten Penajam Paser Utara, mahasiswa langsung terjun ke lapangan dalam menyelesaikan masalah di desa. Sehingga menghasilkan 20 proyek yang dapat membantu masyarakat sekitar. 20 proyek pembuatan sistem informasi tersebut tersebar di berbagai intansi pemerintah di desa PPU, mulai dari Dinas, Puskesmas, Kelurahan, Kecamatan, serta kantor dan balai desa.

20 Aplikasi yang dibuat dalam proyek ini sangat bervariatif, sesuai dengan permasalahan yang ada di desa di Kabupaten PPU, contohnya Sistem Informasi Pendataan Kematian (SIPEKA) – Kantor Kelurahan Penajam, Pelayanan Administrasi (Pelayanan Administrasi Masyarakat) – Keluarahan Lawe-lawe, Sistem Informasi Pembagian Bantuan Desa (SIBAD) – Desa Bumi Harapan Sepaku, Sistem Informasi Pariwisata Penajam (SITAJAM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara serta masih banyak lainnya. Tujuan dari mata kuliah berbasis proyek ini sangat membantu mahasiswa dalam berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, sehingga mahasiswa bisa membantu memberikan solusi dalam bidang Sistem Informasi. Para pihak terkait pun mengatakan sangat terbantu oleh mahasiswa Insitut Teknologi Kalimantan (ITK) dalam membantu percepatan digitalisasi desa di Kecamatan Sepaku, harapannya banyak mahasiswa ITK dapat membantu permasalahan yang ada di masyarakat sekitar.